Minggu, 24 Desember 2023

Pemakaian Kebaya di Gunungkidul

 Gunungkidul mungkin masih asing buat Gan/Sist yang belum pernah berwisata maupun berlibur ke Gunungkidul yang kaya akan wisata alam. Gunungkidul adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bagian selatan dan pusat pemerintahannya berada di kota Wonosari. Sesuai namanya, Kabupaten Gunungkidul merupakan daerah pegunungan kars.



Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi

Masyarakat Gunungkidul merupakan masyarakat tradisional yang masih memegang teguh budaya luhur warisan nenek moyang. Sehingga dalam kesehariannya, masyarakat Gunungkidul masih melestarikan pemakaian kebaya, baik kebaya tradisional maupun kebaya modern. Kebaya adalah blus yang dikenakan oleh wanita yang terbuat dari bahan tipis yang dipadupadankan dengan kain batik atau pakaian rajutan tradisional seperti songket maupun ulos dengan motif polos maupun warna-warni.






Sumber Gambar : Dokumentasi Aprilia


Kebaya juga bisa dipadukan dengan kerudung/hijab. Baik dengan desain kerudung modern atau sederhana, sesuai selera saja ya Sist!. Tetap cantik dan memberikan kesan elegan jika dikenakan. Apalagi jika dikombinasikan dengan aksesoris pendukung lainnya yang serasi. Wow banget Sist!

Sekarang banyak para penjahit di Gunungkidul yang kreatif. Sehingga kebaya semakin maju dan menjadi trend masa kini, baik bagi kaum muda maupun kaum tua.




Sumber Gambar : Dokumentasi Aprilia & Bintang


Dalam acara pernikahan, kebaya tidak akan ketinggalan. Keluarga pengantin pasti mengenakan kebaya yang merupakan ciri khasnya dengan aksesoris mewah dan payet-payet yang tertata rapi serta apik. Hebat ya, penjahitnya. Tentu butuh kesabaran ekstra untuk menghasilkan payetan kebaya yang cantik dan indah bagi pengantin.


Sumber Gambar : Dokumentasi Bintang


Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi


Tidak ketinggalan pula, kebaya juga dikenakan oleh kaum perempuan saat kirab budaya. Kirab budaya adalah sebuah acara yang melibatkan masyarakat dalam suatu rangkaian acara dengan mengusung tema adat maupun keagamaan. Acara kirab budaya bisa memberi hiburan sekaligus pengenalan kepada generasi muda tentang warisan budaya yang perlu di lestarikan, salah satunya adalah kebaya.

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar