Sabtu, 23 Desember 2023

Cantiknya Kebaya Lurik Tak Lekang Jaman

 Dewasa ini sudah tidak banyak yang mengenakan pakaian kebaya. Walau masih ada, biasanya mereka hanyalah orang tua yang dari jamannya dulu sudah berkebaya dan juga memakai kain jarik untuk bawahannya.

Kini, kebaya hanya dipakai kalangan muda untuk acara-acara tertentu. Misalnya saja kondangan atau resepsi pernikahan. Walau begitu, tak menyurutkan kecintaan kawula muda pada model kebaya.

Spoiler for kebaya :

Gambar 1 : jatim.idntimes.com
Gambar 2 : style.tribunnews.com


Seringnya kita temui kebaya dengan bahan broklat atau kain satin yang halus. Namun ternyata ada satu lagi yang bisa dibuat kebaya. Yaitu kain lurik.

Biasanya kain lurik hanya dipakai untuk pembuatan surjan atau pakaian adat untuk laki-laki di jawa tengah. Tapi ternyata ia juga bisa cantik ketika dijadikan kebaya aneka model. Contohnya saja kebaya model kutu baru dan kebaya model kartini.

Terkadang kebaya dengan kain lurik ini juga bisa dihias dengan bordir di setiap ujung kainnya. Jadi tampilan kebaya lurik yang kuno pun hilang sudah. Selain itu, kain lurik juga punya banyak sekali warna dan corak pilihan.

Spoiler for ragam lurik:



Kain lurik adalah kain dengan corak garis-garis. Ia diproduksi dengan cara ditenun. Bisa tenun manual ataupun untuk saat ini sudah dikembangkan dengan tenun bukan manual. Jadi lebih cepat dalam produksinya. Namun dewasa ini sudah ada beberapa model kain lurik yang seperti corak batik.

Spoiler for kain lurik:



Sudahkah kalian mencoba berkebaya dengan kain lurik ini gansis? Kalau belum, kalian bisa mampir di kota Klaten, Jawa Tengah. Tepatnya di daerah Pedan, Klaten. Di sana gudangnya kain lurik. Kalian bisa melihat proses pembuatannya sampai dengan menjadi sebuah baju. Jika ingin membeli kainnya saja pun bisa. Karena memang kebanyakan menyediakan kain lurik.

Jadi, kebaya tidak selalu berbahan broklat ya .... Yuk, kita coba berkebaya dengan kain lurik. Dijamin pasti tetap cantik dan elegan deh. Tapi bukan berarti yang berbahan bukan lurik tidak bagus ya. Semua kembali ke selera fashion kalian. Karena sebagus apapun sebuah baju, semahal apapun ia, tak akan bagus jika si pemakai tidak percaya diri saat mengenakannya.

Jadi, yang utama adalah percaya diri saat mengenakannya dan tentu saja harus senang dan bangga ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar