Minggu, 24 Desember 2023

Kebaya Khas Sunda

 

Sumber Gambar

Banyak versi darimana asal mula kebaya ini muncul, entah dari asia timur atau juga dari berbagai wilayah lain. Kita kesampingkan sejarah tentang kebaya, sebelumnya karena ini forum sista maka yang pertama kali saya ingin ucapkan adalah mohon ijin untuk sekedar berbagi cerita disini kepada moderator yang nu geulis kakak @vitawulandari, semoga thread inih tidak di banned permanent karena melanggar rule nantinya, maklumlah saya bukan member di forum ini, hanya ingin berbagi cerita tentang kebaya khas sunda.

Pada umumnya Kebaya saat ini seringkali digunakan di acara pesta dan perayaan besar tertentu. Baik itu sebuah pesta formal, atau pernikahan, bahkan menjelang kemerdekaan Indonesia kebaya sering kali muncul di acara tradisional, namun tak jarang pula kebaya di gunakan pada perayaan kelulusan sekolah seperti wisuda. Karena Kebaya modern sudah berevolusi menjadi lebih elegant terkadang juga digunakan sebagai seragam resmi untuk pramugari maskapai penerbangan di wilayah Indonesia.



Sumber Gambar

Oke sekarang kita akan bahas lebih kompleks lagi tentang kebaya atau abaya khas sunda yang memang penuh dengan warna, walau dahulu kala kebaya khas dari tanah pajajaran ini biasanya berlengan panjang dan dipakai di sebelah luar kain atau sarung yang menutupi sebagian dari anggota tubuh wanita. Bahkan kebaya khas sunda umumnya sangat berani dengan warna yang terlihat lebih cerah.

Dari banyaknya kebaya yang ada di Indonesia memang memiliki ciri khas tersendiri begitu juga dengan kebaya sunda yang agak melebar pada bagian pergelangan tangannya. Namun kebaya khas sunda ini dahulu hanya di pakai golongan kaum menengah hingga atas. Bahkan kebaya ini juga dipadukan dengan kain kebat corak batik untuk bawahannya. Tentu saja accesories sebagai pemanis pun tak luput dari penampilan ketika memakai kebaya, seperti selendang yang berwarna, kemudian alas kaki berupa selop, dan juga perhiasan khas pemanis yang dipakai oleh perempuan baik itu kalung, gelang, anting, dan cincin biasanya terbuat dari perak atau emas. Namun untuk kelas bangsawan sunda kebaya yang dipakai lebih terlihat gelap yaitu warna hitam, tentu saja di sulam dengan benang emas untuk membedakan kasta di tanah pajajaran.



Sumber Gambar

Namun kini kebaya adalah milik umum dan siapapun bebas memakainya, namun corak kebaya khas sunda tak bisa di lepaskan dari ciri khasnya walau sudah banyak berganti pola menjadi lebih modern tapi ciri khasnyalah yang membuat kebaya sunda terlihat elegant. Untuk itu sebagai warisan budaya leluhur negeri ini adakalanya kita ikut melestarikan kebaya di seloroh pelosok negeri.

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar